Tabloid Komputer OnLine

Kamera 12 MP untuk Ponsel

by Devilito | 10:22 AM in |

Sony mengumumkan bahwa mereka telah berhasil melampaui batas kamera ponsel dengan perkembangan sensor Exmor terbaru. Sony berhasil mengecilkan ukuran pixel menjadi 1,4 mikromili, agar mampu memproduksi resolusi sebesar 12,25 megapixel dengan teknologi CMOS. Resolusi 12 MP tersebut diklaim Sony dibenamkan pada kamera berukuran kecil, dan dapat digunakan untuk ponsel.

Kamera nungil terbaru Sony ini akan menajdikan ponsel dapat menghasilkan gambar sebaik kamera digital saku. Selain itu, kamera ini juga dapat merekam video beresolusi 1080p dengan kecepatan 27 gambar perdetik, dan resolusi 720p dengan 30 gambar perdetik. Kamera yang diproduksi Sony ini memang memiliki resolusi besar, dan sepertinya jika jadi dikapalkan pada Maret 2009, akan banyakl dipesan oleh pabrikan ponsel besar.

Selain kamera ponsel dengan resolusi besar, Sony juga akan memproduksi kamera mungil dengan resolusi lebih rendah, yakni 5,2 dan 8,1 megapixel, yang masih mampu merekam video dengan resolusi 1080p dan 720p. Unit kamera 5,2 megapixel diperkirakan akan hadir bersamaan dengan kamera 12,25 megapixel. Sedangkan unit kamera 8,1 megapixel akan hadir lebih awal, yakni Februari 2009. Sayangnya, Sony belum menjelaskan apakah kamera Exmor ini hanya akan diaplikasikan pada ponsel Sony Ericsson atau akan diberikan lisensi pada pabrikan ponsel pihak ketiga.

(info : www.sony.com)

1 comments:

  1. Makrus ali on June 5, 2010 at 3:05 PM

    wah, keren dong... kira-kira harganya berapa ya ?